Gempa Hari Ini: M 4,1 Guncang Teluk Kaimana Papua T「Football Handicap Analysis」ak Berpotensi Tsunami

  • 时间:
  • 浏览:0

Akan tetaFootball Football HandiFootball Handicap Analysiscap Analysishandicap Analysispi, dampak gempa bumi menunjukkan bahwa getaran dari guncangan yang terjadi dirasakan di daerah Kaimana dalam skala intensitas III MMI, di mana getaran dirasakan seakan-akan ada truk yang berlalu.

Serta, masyarakat di sekitar Teluk Kaimana, Papua, diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu gempa bumi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 69 km arah Barat Daya Kaimana, Provinsi Papua Barat pada kedalaman 10 km.

KOMPAS.com- Gempa bumi tektonik bermagnitudo M 4,1 mengguncang wilayah Teluk Kaimana, Papua Barat pada pukul 11.59 WIB, Jumat (8/1/2021).

Kendati lokasi gempa bumi ini berada di laut, tetapi berdasarkan hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

"Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan dampak gempa tersebut," kata dia.

Sementara itu, berdasarkan hasil monitoring BMKG hingga pukul 12.30 WIB, Jumat (8/1/2021), belum terjadi aktivitas gempa susulan atau aftershock di Kaimana.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 3,87 LS - 133,71 BT.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 3,8 Guncang Lampung, Lindu Ke-16 Sejak 6 Januari

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Namun, disarankan sebaiknya bagi Anda yang berada di wilayah tersebut agar waspada dan menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5,0 Guncang Aceh, Ada 7 Kemiripan dengan Gempa Bengkulu dan Tomini

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 6,2 Guncang Teluk Tomini Terasa hingga Manado

Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono mengatakan bahwa dengan memperhatikan jenis gempa dangkal yang dipicu aktivitas sesar aktif.

"Diduga pembangkit gempa ini adalah Sesar Tarera Aiduna yang jalurnya melintasi Teluk Kaimana," kata Daryono.