Apa Itu Emotional Numbness atau Mati Rasa Emosional? Ini Penjela「Download」sannya!

  • 时间:
  • 浏览:0

TDowDownloadnloadanda eDownloadDownloadmotional nDownloadumbness

Tanda-tanda atau gejala mati rasa emosional meliputi:

"Ini juga mengganggu keterlibatan dalam interaksi positif dan aktivitas sosial, keterbukaan untuk keintiman, minat sosial, dan keterampilan memecahkan masalah," tambahnya.

- Lebih suka menyendiri daripada bersama orang lain

"Emotional numbness adalah proses mental dan emosional untuk menutup perasaan dan mungkin dialami sebagai defisit respons atau reaktivitas emosional," kata psikoterapis Mayra Mendez, mengutip Verywell Mind.

"Sementara mati rasa emosional menghalangi atau mematikan perasaan dan pengalaman negatif, itu juga mematikan kemampuan untuk mengalami kesenangan," ujar Mayra.

Baca Juga: Terjadi di Usia 20an hingga 30an, Ini 6 Masalah Kesehatan Mental yang Jarang Diketahui

- Penyalahgunaan zat atau obat-obatan

Pada akhirnya, mati rasa emosional menjadi alat koping termasuk penghindaran, penolakan, dan pelepasan yang menghalangi kapasitas untuk menghadapi, memproses, memecahkan masalah, serta mengelola emosi dan pengalaman.

Emotional numbness paling sering terlihat dengan gangguan stres pasca-trauma (PTSD), yang merupakan gangguan kejiwaan akibat mengalami peristiwa traumatis.

- Stres yang luar biasa

Baca Juga: Awas, Ini Bahaya Melakukan Self Diagnose dan Terlalu Sering Cek Gejala Mental di Internet

Emotional numbness atau mati rasa secara emosional merupakan sesuatu yang kebanyakan orang akan alami di beberapa titik dalam hidup mereka.

- Mengalami kesulitan dengan mengalami perasaan positif seperti kebahagiaan

Penyebab

- Pelecehan mental atau emosional

Ketika ini terjadi, orang tersebut sering memiliki pikiran yang intens dan mengganggu yang berlangsung hingga berbulan-bulan, bahkan tahun.

Ketika ini terjadi, kamu mungkin merasakan kelegaan sementara. Seiring waktu, pelindung ini mulai menghalangi interaksi sosial dan mengelola emosi positif dan negatif.

- Gagal mengelola perasaan

Emotional numbness dapat terjadi sebagai akibat dari rasa sakit fisik atau emosional.

- Merasa jauh atau terpisah dari orang lain

Kawan Puan, jadi itulah penjelasan soal emotional numbness. Jika kamu merasakan tanda-tanda tersebut dan mulai merasa terganggu, baiknya segera cari bantuan tenaga professional ya! (*)

Kamu mungkin mengalami kesulitan mengidentifikasi emosi diri sendiri dan kesulitan untuk berinteraksi dengan orang lain.

- Mengalami ketidakmampuan untuk berpartisipasi penuh dalam kehidupan

Untuk mengatasi trauma dari suatu peristiwa, beberapa orang akan beralih ke mati rasa atau penghindaran emosional sebagai cara untuk mengelola rasa sakit emosional dan fisik.

- Depresi

Sering kali, mati rasa emosional menghasilkan pembatasan sementara dalam kapasitas untuk merasakan atau mengekspresikan emosi.

Selain itu, ada beberapa penyebab umum mengapa seseorang merasa hampa, yaitu:

Baca Juga: Tak Hanya Kesehatan Fisik, Olahraga Juga Bermanfaat untuk Mental dan Emosional

Jika Kawan Puan mendapati dirimu berpikir, "Saya merasa mati rasa" atau "Mengapa hidupku hampa?", itu mungkin pertanda kondisi kesehatan emosional atau mental.

Definisi emotional numbness

- Kekerasan fisik

Biasanya, perasaan ini bersifat sementara. Namun, bagi beberapa orang emotional numbness menjadi cara hidup untuk melindungi diri dari rasa sakit emosional atau fisik.

Untuk orang dengan PTSD, ini juga dapat bermanifestasi dalam menghindari pikiran, perasaan, atau percakapan tentang peristiwa traumatis yang mengingatkan peristiwa itu.

- Kehilangan minat pada aktivitas penting yang sebelumnya kamu nikmati

- Duka

Parapuan.co – Kawan Puan, pernahkah kamu mendengar istilah emotional numbness?

- PTSD (gangguan stres pasca-trauma)

- Merasa datar, baik secara fisik maupun emosional

Dalam upaya melindungi diri agar tidak disakiti lagi, melepaskan atau mematikan perasaan yang terkait dengan situasi tersebut adalah solusinya.